GIMP 2.6: Semakin Mendekati Photoshop

Versi baru dari GNU Image Manipulation Program (GIMP) kini telah dapat diunduh. Versi 2.6 menawarkan berbagai fitur baru seperti user interface (UI) baru dan untuk pertama kalinya mengemas dukungan untuk Generic Graphics Library (GEGL), sebuah framework penyuntingan gambar berbasis grafik.

GIMP adalah sebuah penyunting gambar open source yang tersedia untuk Linux, Windows dan OS X dengan tujuan menawarkan kemampuan seperti Photoshop. Banyaknya fitur yang tersedia maupun kemudahan pakainya membuat GIMP populer di antara desainer amatir dan penggemar open source. Walaupun GIMP pada umumnya dianggap masih tidak mampu menggantikan aplikasi high-end untuk desainer, tetapi sekarang GIMP mulai dapat diterima di pasar para profesional.
GEGL
Salah satu kekurangan dari GIMP adalah dulu ia hanya mendukung warna 8 bits per channel (bpc). Kekurangan ini dianggap sebagai alasan utama tidak diterimanya GIMP oleh para desainer profesional yang membutuhkan kedalaman warna lebih. Masalah ini akhirnya dapat diatasi dengan GEGL yang mengantarkan dukungan untuk 32-bpc, sehingga GIMP menjadi selangkah lebih dekat untuk dapat menjadi pengganti Photoshop bagi para pengguna profesional.

Tampilan
Dari segi UI, GIMP 2.6 telah menghilangkan menu aplikasi dalam tool palette window dan menyatukan isinya ke dalam menu di jendela dokumen yang terus ditampilkan setiap waktu bahkan ketika tidak ada gambar yang sedang dibuka. Jendela Tool juga telah disesuaikan sehingga terus ditampilkan di atas jendela dokumen. Untuk mengurangi rumitnya tampilan dan mempermudah pengaturan jendela, jendela-jendela yang sudah terbuka juga tidak ditampilkan di taskbar.

User interface dari GIMP sudah lama menjadi kontroversi dan dianggap oleh beberapa pengguna sebagai yang terburuk di antara semua aplikasi Linux. Perubahan-perubahan sederhana yang telah dilakukan memang merupakan peningkatan yang cukup baik tetapi sepertinya masih tidak cukup untuk menarik perhatian para desainer professional. Proses desain ulang masih terus dilaksanakan dan para pengembangnya juga mengumpulkan berbagai masukan dari para pengguna dan para ahli.
Fungsionalitas
Selain itu juga terdapat beberapa peningkatan fungsionalitas yang signifikan dan akan disambut baik oleh para pengguna. Freehand selection tool kini juga mendukung seleksi polygonal dan menyunting bagian terpilih, text tool GIMP juga telah diperkuat untuk mendukung reflow dan wrapping otomatis ketika ukuran area teks diubah dan sebuah fitur brush dynamics baru juga telah menambahkan beberapa kemampuan tambahan pada ink dan paint tool.

Versi 2.6 juga mengatarkan beberapa peningkatan untuk para pengembang plug-in seperti scripting API yang lebih ekstensif untuk memanipulasi layer teks.

Untuk peluncuran besar berikutnya, para pengembang berencana untuk meningkatkan dukungan GEGL dan mengintegrasikan hasil pengembangan yang didapat dari proyek Summer of Code. Pengguna dapat mengunduh versi terakhir GIMP dari situs resmi GIMP. (ars technica)

by arie
——————————————————————————–

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: